PON Sulteng-Go 2028, KONI Parigi Moutong Segera Persiapkan Atlit

Ketua KONI Parigi Moutong, Faisan Badja. (Foto: doc DPRD Parigi Moutong)

JURNAL LENTERA – Menyusul ditetapkannya pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-22 di Provinsi Sulawesi Tengah dan Gorontalo (Sulteng-Go) pada tahun 2028, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Parigi Moutong segera mempersiapkan atlit-atlit berbakatnya.

“Jika Sulteng-Go dipercayakan menjadi tuan rumah PON, maka jauh hari sebelumnya kita harus mempersiapkan atlit-atlit berbakat yang dapat memperkuat Sulawesi Tengah,” ujar Ketua KONI Parigi Moutong, Faisan Badja, Jum’at, 10 September 2021.

Menurutnya, pelaksanaan PON di tahun 2028 mendatang, yang dilaksanakan di dua tempat sangat menarik.

Pasalnya, hal itu baru kali pertama dilaksanakan.

Sehingga, Kabupaten Parigi Moutong berkesempatan untuk mempersiapkan atlit-atlit berbakatnya.

Bahkan, dirinya yakin, atlit-atlit berbakat dan tangguh akan lahir dari Parigi Moutong.
Mengingat, atlit-atlit di Parigi Moutong multi talenta dan banyak menguasai berbagai Cabang Olahraga atau Cabor.

Terbukti, dua orang atlit putra dan putri asal Parigi Moutong di Cabor dayung mewakili Sulawesi Tengah pada PON yang diselenggarakan di Papua 10 Oktober 2021 mendatang, merupakan atlit di Cabor atletik.

Dia menceritakan, awal mula kedua orang atlit asal Parigi Moutong itu terpilih sebagai perwakilan Sulawesi Tengah di Cabor Dayung ketika mengikuti psikotest pencarian bakat.

Meskipun mempunyai bakat di Cabor Atletik dan salah satunya tengah mengikuti ajang internasional di Smano, kata dia, kedua atlit tersebut dinyatakan lolos untuk masuk pada tahapan Pelatihan Nasional atau Pelatnas di Jakarta.

“Alhamdulillah, kemarin kami dari KONI, atas dukungan Pemerintah Daerah (Pemda) Parigi Moutong memberikan tambahan uang saku kepada dua orang atlit tersebut sebelum berangkat ke PON di Papua,” katanya.

Dia menambahkan, dimasa pandemi COVID-19 saat ini, semuanya mengalami keterlambatan, khususnya pembinaan atlit dan fasilitas olahraga.

Namun, hal itu tidak dijadikan halangan bagi KONI Parigi Moutong.

Apalagi, KONI Parigi Moutong juga dianggap sukses karena telah berhasil melaksanakan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di tahun 2019 lalu.

Sehingga, KONI bersama Pemda Parigi Moutong memberikan dukungan terhadap kemajuan olahraga.

“Ketua KONI Sulawesi Tengah dan Gubernur telah menemui Menpora. Hampir semua daerah telah mendukung Sulteng-Go menjadi tuan rumah PON ke-22 tahun 2028. Semoga proses dan tahapannya berjalan dengan baik,” tandasnya. (***)

Laporan : Multazam

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open Donasi