Studi Tiru di Parigi Moutong, Bupati Aceh Timur Terkesan dengan Hal Ini

Bupati Aceh Timur, H. Hasballah Bin HM Thaib, SH., didampingi Wabup Parigi Moutong H. Badrun Nggai, SE., berpose bersama rombongan di lokasi tambak udang Sejoli di Desa Sejoli, Kecamatan Moutong, pada Rabu 30 Juni 2021. (Foto : Diskominfo Parigi Moutong)

JURNAL LENTERA – Bupati Aceh Timur, H. Hasballah Bin HM Thaib, SH., atau yang akrab disapa Rocky, mengaku terkesan dengan tambak udang PT Parigi Aquakultura Prima Site Sejoli yang terletak di Desa Sejoli, Kecamatan Moutong saat melakukan studi tiru di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, pada Rabu, 30 Juni 2021.

Dia mengaku terkesan dengan tambak udang Sejoli, karena sangat unik dan lokasinya yang berada di tempat strategis, yang dikelilingi gunung serta dekat lautan.

“Saya sudah keliling di Indonesia. Dan saya lihat hanya tambak udang Sejoli yang boleh dikata sangat bagus. Ditambah lagi pemandangan di sekitar lokasinya sangat indah,” akunya.

Selain itu, tujuan kedatangannya melakukan studi tiru di Parigi Moutong untuk melihat perkembangan tambak udang Sejoli yang rencananya akan dijadikan contoh.

Dia menceritakan, sebelumnya ia pernah melakukan kunjungan ke Sarjo dan Randomayang di Kabupaten Mamuju Utara, mellihat pengelolaan tambak udang di daerah itu.

Sepulangnya dari daerah itu, kata dia, ia pun mempraktekan pengelolaan tambaknya.

“Tetapi begitu saya lihat tambak udang di Sejoli, ternyata ini lebih luar biasa lagi, luas dan sangat indah pemandangannya. Nah, ini yang akan saya jadikan contoh untuk menambah kekurangan pengelolaan tambak udang di Kabupaten Aceh Timur,” katanya.

Dia menyarankan, agar Pemerintah Daerah (Pemda) Parigi Moutong mengurus izin galian C.
Pasalnya, walaupun lokasi tambak udang Sejoli dibangun dengan megah, jika tidak memiliki izin galian C, tidak akan ada artinya.
Contohnya, ketika akan mengusulkan permintaan bantuan ke pemerintah pusat tidak akan dilayani.

“Kalau saya di Aceh Timur, pasir di laut kami sedot habis untuk membangun proyek, dan sudah terbangun, tidak ada yang melarang. Karena Kementerian mau melihat efeknya, apa untuk ekonomi rakyat. Kalau hukum hanya melihat kesalahan saja. Berbeda dengan kepentingan umat yang lebih besar, maka hukum bisa diluruskan, karena ekonomi umat lebih penting,” ucap Bupati Hasballah.

Wabup Parigi Moutong, H. Badrun Nggai, SE., yang turut mendampingi Bupati Hasballah, berharap masyarakat dapat memelihara tambak udang sejoli dengan baik, karena merupakan icon.

Hal yang terpenting, kata dia, Kecamatan Moutong harus aman, damai, dan sentosa.

“Kecamatan Moutong harus aman, itu wajib, dan tidak boleh tidak, karena wilayah ini banyak potensi lokalnya,” tandasnya.

Dalam kunjungan studi tiru, Bupati Aceh Timur melihat kawasan tambak udang Sejoli yang mencapai 250 hektar.
Selain itu, Bupati Aceh Timur juga melihat asrama para karyawan yang dilanjutkan dengan penebaran benur secara simbolis didampingi Wabup Badrun.

Laporan : **/Roy Lasakka

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open Donasi