Setelah Gempa, Kota Palu Dilanda Angin Kencang dan Gemuruh

Situasi di Kota Palu saat angin kencang bertiup.(Foto: Abdee Mari/KabarSelebes.ID)

JURNAL LENTERA – Beberapa jam setelah diguncang gempa magnitudo 2,9, Kota Palu langsung dilanda angin kencang disertai gemuruh di langit. Angin kencang mulai meniup sekitar pukul 14.00 WITA, pada Selasa, 25 Mei 2021.

Pepohonan bergoyang kencang. Bahkan atap rumah warga banyak yang nyaris terbang ditiup angin kencang. Sejumlah warga Kota Palu mulai khawatir akan adanya perubahan cuaca secara mendadak ini.

“Anginnya kencang sekali. Saya terpaksa berhenti mengendarai sepeda motor karena kuatnya terpaan angin,” kata Dhani, seorang warga yang ditemui di Jalan Sisingamangaradja Palu, seperti dikutip dari KabarSelebes.id.

Belum ada penjelasan adanya fenomena angin kencang yang melanda Kota Palu ini.

Namun sesuai informasi pada laman web.meteo.bmkg.go.id, Deputi Bidang Meteorologi, pada Senin, 24 Mei, menyampaikan adanya sirkulasi siklonik terpantau di sekitar wilayah Vietnam dan di Samudera Pasifik utara Papua yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Kamboja hingga pesisir timur Vietnam, di Laut Cina Selatan, serta di Samudra Pasifik utara Papua Barat-Papua.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Selat Makassar hingga Kalimantan Tengah, dari Sulawesi Tenggara hingga Selat Makassar bagian tengah, dari Laut Maluku bagian selatan hingga perairan utara Sulawesi Utara, serta dari perairan barat Papua Barat hingga Papua Barat bagian utara.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Sumber : KabarSelebes.id

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open Donasi