Puluhan Unit Randis Milik Pemda Parigi Moutong Dilelang

Foto: FokusSulawesi.com

JURNAL LENTERA – Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Parigi Moutong melelang puluhan unit kendaraan dinas atau randis dari lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Tahun kemarin kami telah melaksanakan lelang, dan ini merupakan pelaksanaan lelang kedua. Total lelang tahun ini sebesar Rp. 500.000.000,- lebih,” ungkap Kepala BPKAD Parigi Moutong, Yusrin Usman, seperti dikutip dari FokusSulawesi.com pada Kamis, 27 Mei 2021.

Dia mengatakan, puluhan unit kendaraan yang dilelang pihaknya, sesuai dengan permohonan OPD dijajaran Pemkab Parigi Moutong.

Proses lelang dilakukan pihaknya secara bertahap, karena membutuhkan waktu. Namun pihak Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), selama dua tahun terakhir ini telah memberikan waktunya untuk melakukan penilaian.

“Selang beberapa tahun memang agak kesulitan kami, terkait waktu dari pihak KPKNL. Tahun pertama barang yang dilelang, masih sedikit. Tahun ini sudah mulai bertambah,” ungkapnya.

Menurut dia, lima dinas yang mengajukan permohonan lelang kepada pihaknya, diantaranya BPKAD Dinas PUPRP, dan Dinas Kesehatan.

Kedepan ditahap ketiga lelang, diupayakan bertambah lagi data-data terkait aset pemerintah daerah yang tidak ekonomis, dan tidak layak untuk dilelang.

“Kami kan baru melaksanakan dua tahun terakhir ini, artinya sudah terlatih, dan bisa lebih cepat. Tergantung juga teman-teman OPD dalam melakukan pengusulan,” ujarnya.

Dia berharap, sebagai pihak yang memfasilitasi pelaksanaan itu, kedepan akan lebih banyak lagi item aset yang dilelang, untuk memberikan kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dia mengingatkan, pelaksanaan lelang aset pemerintah daerah, bukan hanya dikerjakan oleh BPKAD sendiri, sebab tanpa usulan OPD, pihaknya tidak dapat melakukan proses lelang. Disamping itu, mereka yang lebih mengetahui kondisi aset masing-masing.

“Kami berharap bisa lebih banyak lagi, minimal sudah ada data usulan OPD. Sebab, akan menjadi persoalan juga pada saat penyusunan LKPD Aset,” tuturnya.

Sumber : FokusSulawesi.com

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open Donasi