Persiapan Penggunaan Tes GeNose di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri Palu

Penggunaan tes GeNose c19. (Ilustrasi : doc PT KAI/KabarSelebes.id)

JURNAL LENTERA – Otoritas Bandara Mutiara Sis Al-Jufri Palu, Sulawesi Tengah, akan segera menyediakan pelayanan tes GeNose C19 bagi para penumpang. Dilansir dari KabarSelebes.id pada Senin 5 April 2021, Kementerian Perhubungan sebelumnya telah resmi merilis aturan turunan yang mengatur perjalanan udara dengan tes GeNose C19 mulai tanggal 01 April 2021.

Kepala Bandara Mutiara Sis Al-Jufri Palu, Ubaedillah belum lama ini mengatakan, pihaknya saat ini sementara mempersiapkan prasarana penggunaan GeNose untuk alat screening. Sejak 01 April kata dia, sudah ada empat bandara yang mulai menggunakan tes cepat Covid-19 ciptaan para ahli Universitas Gajah Mada (UGM) tersebut.

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan dinas kesehatan kota maupun provinsi, dan KKP beserta beberapa fasilitas pelayanan,” katanya.

Ubaedillah mengatakan sudah ada dua fasilitas pelayanan kesehatan di Palu yang berencana mau menyediakan alat tes GeNose. Alat itu nantinya akan ditempatkan di pintu masuk dan di pintu keberangkatan bandara.

Oleh sebab itu, pihak bandara saat ini sedang mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sudah harus terlatih. Termasuk mempersiapkan SOP dan alat penunjang tes GeNose C19.

Dia pun berharap apabila sudah diterapkan, masyarakat harus mendapat sosialisasi terkait prosedur tes GeNose. Hal ini dilakukan untuk menghindari antrian yang panjang yang sering menyebabkan kerumunan.

“Karena Genose 1 x 24 jam, kami mengimbau untuk menghindari antrian, kalau bisa atur waktu sebelum keberangkatan sudah tes GeNose. Sebab kalau waktunya mepet ini sebaiknya kita hindari,” ujarnya.

Sebagai informasi, dalam aturan yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) nomor 26 Tahun 2021 itu dijelaskan hasil negatif GeNose C19 di bandara dapat digunakan dalam kurun waktu 1×24 jam sebelum keberangkatan.

Selain GeNose, Kemenhub juga mengizinkan hasil tes RT-PCR yang dapat digunakan maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan dan rapid Antigen dalam kurun maksimal 2×24. Karena masih mempersiapkan tes GeNose, pihak bandara mutiara Sis Al Jufri Palu saat ini masih menggunakan opsi tes PCR dan antigen.

Sumber : KabarSelebes.id

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open Donasi