Peringati Hari Hutan Sedunia, Pesisir Pantai Mamboro Ditanami 500 Bibit Mangrove

Suasana penanaman bibit mangrove di pesisir pantai Kelurahan Mamboro, Kecamatan Palu Utara, Kota Palu yang dilaksanakan pada Ahad 21 Maret 2021. (Foto : doc KabarSelebes.id)

JURNAL LENTERA – Dalam rangka memperingati hari hutan sedunia, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBi) Sulawesi Tengah (Sulteng), bersama komunitas pecinta lingkungan Kota Palu melakukan penanaman 500 Bibit Mangrove di pesisir pantai Kelurahan Mamboro, Kecamatan Palu Utara, pada Ahad 21 Maret 2021.

Mengingat masih di masa pandemi Covid-19, kegiatan ini diselenggarakan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dilansir dari KabarSelebes.id pada Senin 22 Maret, tidak hanya menanam bibt mangrove, GenBI Sulteng bersama komunitas lainnya juga melakukan aksi bersih-bersih sampah di sepanjang bibir pantai Mamboro.

Ketua GenBi Sulawesi Tengah (Sulteng), Ismail mengatakan aksi penanaman mangrove ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap wilayah pesisir pantai Mamboro.

Menurutnya, penanaman pohon mangrove ini penting untuk mengurangi resiko bencana akibat abrasi di pesisir pantai serta berorientasi pada perbaikan fungsi ekosistem pantai dan teluk Palu.

Selain itu kata dia, keberadaan hutan bakau sangat penting untuk berkembangbiaknya habitat kepiting, ikan kecil, dan berbagai burung laut lainnya. Masyarakat yang tinggal di sekitar pantai pun kata dia dapat memanfaatkan hutan bakau sebagai sumber makanan dan tempat mencari ikan.

Sumber : KabarSelebes.id

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open Donasi