Peresmian Sekolah Diving di Parigi Moutong Diwacanakan Besok

Aktifitas Diving atau penyelaman di salah satu spot terbaik yang ada di perairan Teluk Tomini Kabupaten Parigi Moutong. (Foto: Facebook Eky Divers)

JURNAL LENTERA – Jika tak ada aral melintang, peresmian sekolah Diving di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, diwacanakan besok, Selasa, 13 Juli 2021.

“Peresmian sekolah Diving ini dijadwalkan besok, bersamaan dengan sekolah paralayang, karena keduanya dipusatkan di Kecamatan Tinombo. Khusus sekolah Diving di pantai Lolaro dan paralayang di Dusun Ogolongkap, Desa Silabia, Kecamatan Tinombo,” ujar salah satu instruktur Diving asal Manado, Sulawesi Utara, Jendri, Senin, 12 Juli.

Dia mengaku sangat mendukung sepenuhnya sekolah Diving di Parigi Moutong.
Menurutnya, Parigi Moutong banyak memiliki potensi wisata bahari yang kedepannya memerlukan para Diving handal untuk memperkenalkan keindahan bawah laut di daerah setempat.

“Khusus langkah awal, paling tidak kita menerima calon siswa sekolah Diving sebanyak 10-20 orang dulu, sesuai kapasitas alat selam yang tersedia,” ucap Jendri.

Dia menjelaskan, untuk mengikuti sekolah Diving, para calon siswa terlebih dahulu akan mengisi formulir label to release medical statement yang didalamnya terdapat 24 pertanyaan mendasar, terutama terkait kondisi kesehatan calon penyelam dan dilanjutkan dengan medical check up di Rumah Sakit atau Puskesmas terdekat.

“Tujuan kita kesini untuk melatih level dasar atau disebut open water sebanyak 10 atau 20 orang dulu. Awalnya nanti, paling tidak mereka bisa mempresentasikan Lolaro ini dengan gaya mereka sendiri,” katanya.

Dia menambahkan, siswa yang dinyatakan lulus dari sekolah Diving ini nantinya akan mendapatkan sertifikat Diving di masing-masing level.
Apalagi, sertifikat Diving tersebut dipastikan akan diterima di 250 Negara di dunia.

Sedangkan level yang akan dilalui oleh calon penyelam, kata dia, open water, advance water, rescue diver dan dive master.

“Paling tidak mereka bisa dapat rescue diver atau setidaknya mereka bisa melakukan penyelamatan bawah air. Disarankan sampai level advance water yang mencapai kedalaman 30 meter, karena kalau open water hanya kedalaman 18 meter saja. Kalau menyelam lebih dari 18 meter, itu bisa terhitung Dive Day,” terangnya.

Laporan : Roy Lasakka

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open Donasi