Penjelasan Disdikbud Parigi Moutong terkait Uji Coba PTM Terbatas

Kepala Bidang Manajemen Sekolah Dasar di Disdikbud Parigi Moutong, Ibrahim.

JURNAL LENTERA – Sebanyak 69 sekolah di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, akan melaksanakan uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas pada pekan depan.

“Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Nomor : 421.7/3247/Disdikbud, tentang pelaksanaan uji coba PTM terbatas, tertanggal hari ini. SK itu ditujukan ke koordinator wilayah dan satuan pendidikan,” ujar Kepala Bidang Manajemen Sekolah Dasar di Disdikbud Parigi Moutong, Ibrahim, Jum’at, 24 September 2021.

Dia mengatakan, dalam surat edaran tersebut, PTM terbatas tidak dilakukan secara serentak.
Namun bertahap dan diawali dengan uji coba, yang dimulai pada tanggal 27-30 September 2021, pada sekolah yang telah ditetapkan.

Dia menyebutkan, 69 sekolah tersebut tersebar diseluruh kecamatan, mulai dari tingkat Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Sedangkan dalam surat edaran tersebut, kata dia, juga menyebutkan pelaksanaan uji coba PTM terbatas berpedoman dengan syarat dan ketentuan sesuai panduannya.

“Sebelum pelaksanaan PTM terbatas di seluruh sekolah, dilaksanakan dulu uji coba. Satuan pendidikan atau sekolah itu berdasarkan usulan koordinator wilayah di kecamatan,” katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, koordinator wilayah satuan pendidikan kecamatan, Pengawas, Penilik, dan Kepala Satuan Pendidikan untuk berperan aktif dalam proses pelaksanaan PTM terbatas, termasuk pelaksanaan uji coba dimasa pandemi COVID-19 pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022.

Selain itu, koordinator wilayah satuan pendidikan kecamatan dalam pelaksanaan uji coba PTM terbatas diharapkan dapat berkoordinasi dan melaporkan kepada Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 kecamatan dan Camat.

“Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 kabupaten dan kecamatan bersama Disdikbud serta koordinator wilayah akan rnelaksanakan peninjauan langsung di satuan pendidikan yang melaksanakan uji coba PTM terbatas,” bebernya.

Dalam surat edaran pun, kata dia, dilampirkan daftar sekolah pelaksana uji coba PTM terbatas.
Sehingga, sekolah lainnya tidak diperbolehkan melaksanakan aktifitas yang sama pada 27-30 September 2021.

“Ketika pelaksanaan uji coba ini berjalan dengan baik, PTM terbatas serentak baru akan dilaksanakan pada 1 Oktober 2021,” pungkasnya.

Laporan : Novita Ramadhan

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open Donasi