Pengamanan Hari Raya Idul Adha di Parigi Moutong, Polisi Lakukan Ini

Kabag OPS Polres Parigi Moutong, AKP Junus Achpa. (Foto: Roy Lasakka/JurnalLentera.com)

JURNAL LENTERA – Kepolisian Resor (Polres) Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, mengerahkan kurang lebih 210 personel yang disiagakan untuk pengamanan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah tahun 2021, di daerah setempat.

“210 personel itu dibagi menjadi tiga regu. Dalam satu regunya sebanyak 70 orang personel. Pengamanan Hari Raya Idul Adha yang kami lakukan ini sebagai upaya institusi Polri memberikan perlindungan kemanan kepada masyarakat,” ujar Kepala Bagian Operasi (Kabag OPS) Polres Parigi Moutong, AKP Junus Achpa, Selasa, 20 Juli 2021.

Dia menilai, setiap umat beragama berhak mendapat jaminan keamanan saat melaksanakan ibadah, termasuk pada hari-hari besar keagamaan.

Atas dasar tersebut, kata dia, Polri mengupayakan jaminan keamanan dan ketertiban masyarakat atau Kamtibmas. Sehingga pelaksanaan ibadah berjalan lancar dan tertib.

Menurutnya, meski pelibatan personel tidak sebanyak pada saat perayaan Idul Fitri sebelumnya hingga membentuk operasi khusus, namun dengan jumlah yang ada dinilai sudah cukup.

“Pengamanan Idul Adha ini kami memberdayakan personel yang berada di Polsek, termasuk Bhabinkamtibmas,” katanya.

Dia juga mengatakan, personel yang melakukan pengamanan telah melakukan patroli sejak malam takbiran Idul Adha guna mengantisipasi gangguan Kamtibmas.

Dalam melakukan pengamanan, kata dia, personel juga menyempatkan untuk memberikan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan, khususnya pada pelaksanaan Shalat Ied.
Sebab, pandemi COVID-19 masih mewabah.

“Pemerintah Pusat hingga daerah telah mengeluarkan panduan pelaksanaan Shalat Ied di tengah pandemi COVID-19. Masyarakat perlu menaati panduan tersebut dengan tetap memakai masker. Sesungguhnya apa yang dilakukan pemerintah untuk kebaikan bersama, termasuk pelaksanaan penyembelihan hewan kurban nanti,” ucap Junus.

Dia menambahkan, secara umum situasi Kamtibmas di wilayah hukum Parigi Moutong aman dan kondusif serta tidak terjadi hal-hal menonjol.
Terciptanya keamanan ini tidak terlepas dari sinergitas pemerintah dan masyarakat di Parigi Moutong.

“Harapannya selama perayaan Hari Raya Idul Adha berjalan lancar tanpa ada gangguan Kamtibmas,” tandasnya.

Laporan : Roy Lasakka

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open Donasi