Pemprov Sulteng DAn Rumah BUMN Gelar Temu Kemitraan Pelaku Usaha di Parigi Moutong

Kegiatan temu kemitraan pelaku usaha yang dilaksanakan Dinas Koperasi dan UMKM Sulawesi Tengah, bersama rumah UMKM di Parigi Moutong, Jum'at, 3 September 2021. (Foto: Novita Ramadhan)

JURNAL LENTERA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Dinas Koperasi dan UMKM Sulawesi Tengah, bekerja sama dengan rumah BUMN menggelar temu kemitraan pelaku usaha di Kabupaten Parigi Moutong.

“Tujuannya untuk pemenuhan informasi berkaitan dengan pemasaran dan pembiayaan. Kita juga harus ketahui, rumah BUMN untuk wilayah Parigi Moutong dari PT. Pertamina Persero. Sementara Kota Palu, dari PT. Telkom, jadi kami menjembatani pelaku usaha untuk mendapatkan berbagai informasi dari rumah BUMN,” ujar Kepala Bidang Pengembangan dan Pemberdayaan Usaha Kecil di Dinas Koperasi dan UMKM Sulawesi Tengah, Heni, ditemui usai kegiatan yang dilaksanakan di Desa Lebo, Jum’ at, 3 September 2021.

Dia mengatakan, untuk menjaring pelaku usaha sebagai sasaran kegiatan, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Parigi Moutong.

Hal itu, kata dia, sebagai upaya membangun sinergitas dengan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

Selain itu, temu kemitraan tersebut awalnya dijadwalkan sejak Juni lalu.
Hanya saja, terbentur dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Kami maunya segera melaksanakan kegiatan ini saat itu juga. Namun ada Surat Edaran Gubernur terkait PPKM, jadi tertunda hingga hari ini,” ujarnya.

Tujuan dalam membangun kerjasama antara pihaknya bersama rumah BUMN dan para pelaku usaha, kata dia, untuk memenuhi kebutuhan para pelaku usaha itu sendiri yang diawali dengan kegiatan ini.

Bahkan, pihaknya telah mewacanakan kegiatan webinar tingkat nasional untuk mempertemukan para pelaku usaha bersama pihak-pihak terkait lainnya dengan skala besar yang jauh lebih luas lagi.
Namun, para pelaku usaha harus memiliki prodak yang berdaya saing.

“Untuk pengembangan UMKM, kita tidak bisa berbuat sendiri, harus bekerja sama dengan pihak kabupaten/kota. Kami harapkan ini bisa bermanfaat bagi para pelaku usaha,” ucap Heni.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Parigi Moutong, Sofiana, mengaku sangat mengapresiasi pelaksanaan temu kemitraan pelaku usaha bersama rumah BUMN yang difasilitasi oleh Pemprov Sulteng.

Dia berharap, melalui kegiatan itu, pelaku usaha dapat meningkatkan perannya untuk terus berinovasi dan berkreativitas.

Menurutnya, meskipun ditengah pandemi COVID-19, pelaku usaha di Parigi Moutong masih tetap bersemangat dan aktif mengembangkan usahanya.

“Kami menyambut baik kegiatan ini. Semoga kemitraan bersama rumah BUMN bisa terjalin dengan baik, dan terus meningkatkan kreativitas para pelaku usaha,” pungkasnya.

Laporan : Multazam

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open Donasi