Pemkot Palu Targetkan Capaian Vaksinasi

Ilustrasi. (Kompas.com)

JURNAL LENTERA – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu, Sulawesi Tengah, menargetkan capaian vaksinasi terhadap warga lanjut usia atau Lansia.

“Untuk memasifkan kegiatan vaksinasi, perlu kerja sama lintas sektor demi memberikan edukasi dan mengajak warga ikut berpartisipasi dalam program ini supaya cepat terwujud Herd Immunity atau kekebalan kelompok,” ujar Walikota Palu, Hadianto Rasyid, Senin, 27 September 2021.

Dia mengatakan, vaksinasi terhadap Lansia paling tidak dapat mencapai angka 48 persen untuk menopang angka vaksinasi warga usia produktif, agar realisasi capaian target vaksin Kota Palu bisa terwujud secepatnya.

Ia juga meminta tim lapangan agar mendata Lansia yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta dapat terpetakan jumlahnya dengan tujuan untuk pemilihan dosis vaksin, yang akan diberikan.
Namun, jika memenuhi syarat.

“Dosis Sinovac tidak boleh diberikan kepada orang yang memiliki komorbid. Sedangkan dosis Moderna bisa diberikan. Itu pun jika memenuhi syarat setelah pemeriksaan tes kesehatan oleh dokter,” ucap Hadianto.

Lebih jauh dia mengatakan, jika Lansia memiliki komorbid dan tidak dapat di vaksin, sebaliknya dikeluarkan dari data. Hal itu tidak menjadi beban dan berpengaruh pada jumlah.

“Masyarakat harus memanfaatkan layanan kesehatan yang difasilitasi pemerintah tanpa dipungut biaya sekaligus menekan resiko penularan COVID-19,” pungkasnya.

Sumber : KabarSelebes.id

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open Donasi