Pemda Parigi Moutong Bakal Laksanakan Pemotongan Hewan Kurban

Kepala Bagian Kesramas di Setda Parigi Moutong, Drs. Mahfuz. (Foto: Novita Ramadhan/FokusSulawesi.com)

JURNAL LENTERA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, bakal melaksanakan pemotongan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah/2021.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemotongan hewan kurban tetap kami laksanakan tahun ini,” ujar Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan (Kesramas) di Sekretariat Daerah (Setda) Parigi Moutong, Drs. Mahfuz, di ruang kerjanya, Rabu, 14 Juli 2021.

Dia mengatakan, hewan yang akan di kurban nantinya berasal dari sejumlah Organisasi Perangkat Daerah atau OPD.
Berdasarkan laporan yang diterima pihaknya, kata dia, hingga kini jumlah hewan kurban telah mencapai 14 ekor, terdiri dari 13 ekor sapi dan 1 ekor kambing.

Jumlah hewan kurban itu, kata dia, diperkirakan bakal bertambah, karena ada beberapa OPD yang belum melaporkan kepada pihaknya.

Sehingga, Bagian Kesramas Setda Parigi Moutong akan memberikan batas waktu hingga Sabtu, 17 Juli mendatang bagi OPD yang belum melaporkan.

Selain itu, pihaknya menjadwalkan pula pemeriksaan kesehatan hewan yang akan di kurban pada Ahad, 18 Juli, yang melibatkan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat.

Ditanya soal proses pembagian daging hewan kurban, Mahfuz, mengaku tengah menyusun mekanisme pembagiannya, agar tidak menciptakan kerumunan untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran Covid-19.

Selain itu, pihaknya juga akan menyesuaikan pelaksanaan pemotongan hewan kurban dengan pendistribusiannya sesuai Surat Edaran atau SE Menteri Agama.
Namun, tidak menutup kemungkinan, pihaknya akan melakukan pendistribusian daging kurban ke rumah-rumah masyarakat penerima.

Khusus lokasi yang akan digunakan untuk pemotongan hewan kurban rencananya di halaman Kantor Bupati Parigi Moutong.
Sedangkan waktu pelaksanaannya diperkirakan usai Shalat Ied atau dua hari setelah perayaan Hari Raya Idul Adha.

“Kami akan laporkan terlebih dahulu kepada pimpinan tentang pelaksanaan pemotongan hewan kurban ini. Kalau tahun sebelumnya kami memberikan 20 kupon kepada masing-masing OPD penyedia hewan kurban yang kemudian mereka berikan kepada penerima sesuai datanya,” pungkasnya.

Laporan : Multazam

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open Donasi