Pembangunan Jembatan Lemusa-Olobaru Dilanjutkan, Pemda Parigi Moutong Alokasikan Rp1,6 Miliar

Pembangunana Jembata Lemusa Olobaru Dilanjutkan
Foto : jurnallentera.com

JURNAL LENTERA – Pembangunan jembatan penghubung Desa Lemusa-Olobaru di Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, yang sempat terhenti akan dilanjutkan kembali.

“Tahun ini kami mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,6 miliar yang bersumber dari APBD untuk kelanjutan pembangunan jembatan itu,” ujar Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Parigi Moutong, I Wayan Mudana, pada Rabu, 24 Maret 2021.

Dikatakannya, alokasi anggaran sebelumnya yang diketahui senilai Rp4 miliar lebih, yang merupakan hibah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah, dapat menyelesaikan pembangunan jembatan tersebut.

Hanya saja, akibat bencana alam yang terjadi beberapa waktu lalu, pihaknya terpaksa harus membangun abutment yang mengakibatkan anggaran tersebut habis terserap.

“Rencananya fungsional, tapi tertunda karena dibangunkan abutment lagi, sehingga anggaran sebelumnya itu, habis terserap,” ungkapnya.

Dia mengaku saat ini pihaknya telah melaksanakan lelang dan sudah menetapkan pemenang tender.

Rencananya, dalam waktu dekat akan dilakukan penandatanganan kontrak.

Pelaksanaan penyelesaian pembangunan jembatan tersebut, kata dia, kurang lebih enam bulan.

Dengan besaran anggaran Rp1,6 miliar itu, hingga tahapan penyelesaian pembangunan dan sudah dapat difungsikan.

“Khusus bronjong dan pengaman jembatan akan dialokasikan pada penganggaran berikutnya,” terangnya.

Dia berharap, mitra kerja lanjutan pembangunan jembatan tersebut dapat bekerja maksimal sesuai rencana, agar secepatnya dapat difungsikan oleh masyarakat Lemusa-Olobaru.

“Kami juga berharap, agar masyarakat tidak mudah percaya isu-isu yang menyatakan kalau jembatan itu, akan terbengkalai atau tidak akan dibangun kembali. Itu tidak benar,” katanya.

Wakil Ketua I DPRD Parigi Moutong, Faisan Badja, membenarkan jika anggaran kelanjutan pembangunan jembatan itu, telah dianggarkan Pemda setempat di tahun ini.
“Tahun ini Pemda Parigi Moutong sudah menganggarkan kelanjutan pembangunan jembatan itu,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua II DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Hj. Zalzulmida A. Djanggola, mengatakan pembangunan jembatan Lemusa-Olobaru yang dilaksanakan pada 2019 lalu, anggaran sebelumnya merupakan hasil dari aspirasi masyarakat setempat, saat melaksanakan kegiatan Reses.

Kemudian, direalisasikan dalam bentuk bantuan hibah dari Pemprov Sulawesi Tengah ke Pemda Parigi Moutong.

“Seharusnya sudah selesai pembangunannya. Hanya karena faktor alam, sehingga belum dapat terselesaikan. Saya berencana mencari tahu soal itu, bagaimana progresnya,” akunya.

Laporan : Roy Lasakka

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open Donasi