Parigi Jadi Fokus Pelatihan Fardhu Kifayah, Ini Alasan Bagian Kesra

Pemda Parigi Gelar Diklat Fardhu Kifayah (Foto : Diskominfo)

JURNAL LENTERA – Tahun ini, Kecamatan Parigi menjadi fokus pendidikan dan pelatihan penyelenggaraan Fardhu Kifayah yang dilaksanakan Bagian Kesra Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

“Ada 40 orang pegawai syara di Kecamatan Parigi yang mengikuti pendidikan dan pelatihan penyelenggaraan Fardhu Kifayah,” ujar Kasubag Keagamaan Bagian Kesra Setda Kabupaten Parigi Moutong, Zulkifli, usai kegiatan tersebut pada Kamis 8 April 2021.

Dikatakannya, tahun sebelumnya, Bagian Kesra telah melaksanakan kegiatan serupa di Kecamatan Moutong, Mepanga, Tomini, dan Parigi.

Berbeda dengan tahun ini, karena keterbatasan anggaran, kegiatan tersebut hanya dapat dilaksanakan khusus bagi petugas Masjid di lima kelurahan.

“Ini harus disampaikan, karena keterbatasan anggaran, kegiatan ini hanya dapat dilaksanakan khusus Kecamatan Parigi saja,” katanya.

Dijelaskannya, dalam kegiatan ini setiap peserta diberikan materi tata cara melaksanakan Fardhu Kifayah seperti memandikan jenazah, mengkafani, menyolatkan hingga menguburkan jenazah.

“Materi yang diberikan ini sesuai dengan apa yang disyariatkan dalam Islam,” terangnya.

Ia menambahkan, awalnya kegiatan tersebut rencananya hanya diperuntukan bagi pegawai syara perempuan.

Pasalnya, pegawai syara perempuan masih sangat minim di Kabupaten Parigi Moutong.

Hanya saja, karena ada pertimbangan lain, sehingga kegiatan pendidikan dan pelatihan penyelenggaraan Fardhu Kifayah tahun ini peserta digabung, antara pegawai syara perempuan dan laki-laki.

“Awalnya hanya pegawai syara perempuan yang difokuskan untuk kegiatan ini. Namun, ada pertimbangan lain, maka digabung antara pegawai syara perempuan dan laki-laki,” pungkasnya.

Laporan : Roy Lasakka

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open Donasi