Menanti Janji Normalisasi Sungai di Kecamatan Tomini

Ilustrasi. (harianSIB.com)

JURNAL LENTERA – Pemerintah Kecamatan Tomini berharap Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, segera merealisasikan janji normalisasi sungai sebagai upaya antisipasi terjadinya kembali banjir.

“Masyarakat masih was-was dengan banjir, karena normalisasi sungai belum dilakukan secara menyeluruh,” ujar Camat Tomini, Mukmin Muharam, Ahad, 26 September 2021.

Dia mengatakan, Pemda melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Parigi Moutong telah berjanji akan melakukan normalisasi sungai dan mengaku telah mengusulkan penganggarannya di APBD Perubahan tahun ini.

Selain itu, dia juga mengaku telah meminta bantuan kepada salah seorang anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Daerah Pemilihan (Dapil) Parigi Moutong yang menyampaikan permohonan bantuan kepada pihak Balai Wilayah Sungai dan Balai Jalan Nasional Provinsi terkait normalisasi sungai.

“Kami berharap janji itu bisa direalisasikan, agar persoalan banjir di Kecamatan Tomini segera mendapatkan solusi,” katanya.

Dia mengatakan, Pemda Parigi Moutong saat ini telah melakukan normalisasi sungai di Desa Tilung.
Hanya saja, realisasi pelaksanaannya dianggap tanggung dan dikhawatirkan banjir pun akan tetap terjadi.

“Kondisi sungai Desa Tilung yang mengalami kedangkalan sangat panjang. Sedangkan yang sudah di normalisasi hanya beberapa meter saja. Parahnya, material dari hasil normalisasi tidak dibuang dibagian sisi kanan dan kiri sungai. Melainkan hanya dibuang di tengah sungai. Namun, kami tetap bersyukur sudah dilakukan penanganan,” ucap Mukmin Muharam.

Dia mengatakan, berbeda dengan sungai Desa Ogotomubu yang masih mengalami kedangkalan, yang harus segera mendapatkan penanganan normalisasi sungai.

Pasalnya, jika tidak dilakukan normalisasi sungai, dipastikan jika terjadi intensitas hujan yang tinggi akan mengakibatkan banjir dan menimbulkan luapan air sungai.

“Jika sungai di Desa Ogotomubu itu meluap ketika terjadi banjir, pemukiman masyarakat di Desa Ogotomubu Utara akan terkena imbasnya. Makanya sungai Desa Ogotomubu harus menjadi prioritas normalisasi sungai,” jelasnya.

Diketahui, sekitar 50 rumah warga di Kecamatan Tomini terendam banjir akibat luapan sungai.

Laporan : Novita Ramadhan

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open Donasi