Komunitas di Parigi Moutong Ini Punya Cara Sendiri Mengisi Liburan Akhir Pekan

Aktifitas river tubing di sungai Dusun Bonebula, Desa Nambaru, Kecamatan Parigi Selatan. (Foto: doc Komunitas River Tubing Parigi Moutong)

JURNAL LENTERA – Komunitas River Tubing di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, memiliki cara tersendiri dalam mengisi liburan akhir pekan di masa pandemi Covid-19.

“Setiap akhir pekan kami melakukan kegiatan River Tubing. Untuk spot yang kami sering gunakan, di sungai Dusun Bonebula, Desa Nambaru, Kecamatan Parigi Selatan,” ujar salah seorang anggota Komunitas River Tubing Parigi Moutong, Heriyanto.

Dia mengatakan, aktifitas River Tubing ini sudah semakin banyak peminatnya, khususnya di Parigi Moutong.

Wajar jika anggota komunitas tersebut, kata dia, semakin hari terus bertambah.

Menurutnya, aktifitas River Tubing sangat bagus untuk, karena memacu adrenalin.

Selain itu, dalam aktifitas River Tubing juga mengajarkan kekompakan, karena terdapat salah satu teknik beregu yang hampir mirip dengan arung jeram menggunakan perahu karet.

“Bedanya dengan arung jeram, River Tubing menggunakan ban dalam truk. Teknik beregunya, yang melakukan aktifitas lebih dari satu orang menggunakan ban dalam truk masing-masing, tetapi saling meluncur secara bersamaan. Sama halnya dengan orang yang bergandengan,” jelasnya.

Dia menambahkan, di Parigi Moutong sangat banyak terdapat sungai yang cocok untuk melakukan River Tubing.

Selain sungai di Dusun Bonebula, Desa Nambaru, kata dia, sungai di Desa Dolago dan Torue juga cocok untuk menjadi spot River Tubing.

Pasalnya, di ketiga sungai tersebut memiliki arus air yang kencang.
Ditambah lagi dengan bebatuan sungainya yang membuat arus sungai terlihat semakin menantang.

“Kalau komunitas kami ini sering melakukan River Tubing di sungai Desa Dolago dan Dusun Bonebula, Karen akses masih dekat dengan Kota Parigi,” tandasnya.

Laporan : Roy Lasakka

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open Donasi