KM Bintang Timur Tenggelam di Perairan Parigi Moutong, 19 ABK dan Kaptennya Berhasil Dievakuasi

km bintang timur tenggelam
Foto : istimewa

JURNAL LENTERA – KM Bintang Timur tenggelam di perairan Kabupaten Parigi Moutong, tepatnya di Desa Sausu Tambu, Kecamatan Sausu, Sulawesi Tengah, sebanyak 19 orang Anak Buah Kapal (ABK) dan kaptennya berhasil dievakuasi pada Kamis, 17 Februari 2021.

“KM Bintang Timur ini, kapal penangkap ikan asal Kabupaten Poso yang tenggelam, karena kerusakan mesin dan dihantam ombak serta angin kencang,” ujar Kasat Polairud, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Sunarto mewakili Kapolres Parigi Moutong, kepada JurnalLentera.com.

Dijelaskannya, informasi tenggelamnya KM Bintang Timur ini berawal dari laporan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Desa Sausu Tambu sekira pukul 07.00 WITA.

Menindaklanjuti hal itu, kata dia, laporan tersebut diteruskan kepada Kapolres Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Andi Batara Purwacaraka, yang kemudian langsung memerintahkan untuk secepatnya melakukan pertolongan dan evakuasi korban dengan menurunkan kapal Type C2 KP XIX-2009, yang tengah melakukan patroli laut.

“Pada pukul 07.30 WITA, kapal patroli laut yang dinahkodai Aiptu Andri Suyanto, langsung merespon cepat menuju titik koordinat tenggelamnya KM Bintang Timur pada 0° 50′ 807′ S – 120° 37′ 500′ E,” jelasnya.

Sekira pukul 09.00 WITA, patroli laut Satuan Polairud Polres Parigi Moutong tiba di lokasi tenggelamnya KM Bintang Timur.

“Alhamdulillah, 19 ABK dan kaptennya berhasil dievakuasi. Kondisi mereka berada di sebuah rumpon, karena KM Bintang Timur sudah tenggelam,” katanya.

Ke 19 ABK dan kapten KM Bintang Timur, kata dia, dievakuasi ke Desa Sausu Tambu.

“Sekira pukul 11.30 WITA tiba di dermaga Desa Sausu Tambu. Proses evakuasi itu dibantu Polsek Sausu bersama unsur Pemerintah Desa (Pemdes) Sausu Tambu dan Pokmaswas,” terangnya.

Laporan : Roy Lasakka

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open Donasi