Ini Jadwal Pelantikan 63 Kepala Desa di Parigi Moutong

Kepala Dinas PMD Parigi Moutong, Zulfinachri (Foto : jurnallentera.com)

JURNAL LENTERA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, telah menjadwalkan pelantikan 63 Kepala Desa terpilih yang akan dilaksanakan di lokasi objek wisata Pantai Lolaro, Kecamatan Tinombo, pada Kamis, 15 April 2021.

“Insya Allah, pelantikan 63 Kepala Desa ini dilaksanakan Kamis besok,” ujar Kepala Dinas PMD Parigi Moutong, Zulfinachri, di ruang kerjanya pada Rabu, 14 April.

Dia menjelaskan, dari total 63 Kepala Desa yang akan dilantik ini, 51 diantaranya yang masa jabatannya berakhir di 2020.
Sedangkan masa jabatan tujuh Kepala Desa diantaranya berakhir di 2021, dan lima Kepala Desa lainnya merupakan pengganti antar waktu atau PAW.

Selain itu, pihaknya juga menerima kurang lebih tujuh laporan gugatan sengketa Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades.

Namun, gugatan itu terpaksa ditolak, karena laporan gugatan masuk diluar batas waktu yang ditentukan.

Ditambah lagi, dalam tujuh laporan tersebut tidak menyertakan ketentuan yang disyaratkan dalam proses pelaporan sengketa Pilkades diantaranya tidak menyertakan KTP, laporan yang ditulis tidak bermaterai, dan tidak adanya surat keputusan hasil penetapan Kepala Desa terpilih.

“Berdasarkan hukum, sah untuk tidak dibahas. Secara tidak langsung tertolak,” terangnya.

Dia berharap, Kepala Desa terpilih dapat bersinergi dengan masyarakat agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, dalam hubungan vertikal maupun horizontal di desa.

“Kepala Desa terpilih bisa jadi pemimpin, bisa jadi orang tua diwilayahnya. Sebab, suka tidak suka, terima tidak terima, orang yang terpilih sebagai Kepala Desa, yang paling ditokohkan di desa,” tandasnya.

Laporan : Roy Lasakka

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open Donasi