Giliran Wartawan di Palu Disuntik Vaksin Covid-19

Seorang wartawan saat disuntik vaksin Covid-19 di RSUD Anutapura, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (17/03/2021).(Foto: Adi Pranata/KabarSelebes.ID)

JURNAL LENTERA – Puluhan wartawan di Kota Palu, Sulawesi Tengah mulai disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama, Rabu 17 Maret 2021.

Vaksinasi dilaksanakan bersamaan dengan masyarakat lanjut usia (lansia) dan petugas pelayanan publik di Rumah Sakit Umum Daerah Anutapura Palu.

Dilansir dari KabarSelebes.id, wartawan baik media cetak maupun elektronik discreening oleh petugas kesehatan sebelum disuntik vaksin.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Kesling Dinas Kesehatan Palu, drg Lutfiah MKM menyatakan, wartawan menjadi salah satu prioritas penerimaan vaksin sebab sering bersentuhan langsung dengan masyarakat. Ada sekitar 70 dosis vaksin sinovac yang disiapkan untuk wartawan.

“Kami berharap jurnalis tetap sehat dan kembali mengingatkan bahwa vaksinasi itu tidak segala-galanya,” kata dia saat memantau vaksinasi.

Ia juga mengungkapkan saat ini vaksinasi untuk lansia dan petugas pelayanan publik sementara terus dikebut. Agar efektif, vaksinasi terlebih dahulu akan diprioritaskan untuk petugas layanan publik yang rentan terpapar Covid-19 di antaranya dinas pencatatan sipil, pemadam kebakaran, TNI-Polri dan tenaga pendidik.

“Kalau guru Alhamdulillah sudah ada 2500 yang divaksin mulai dari guru-guru TK hingga SMP. Untuk SMA kami lagi berkordinasi,” ucapnya.

Sekertaris Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) kota Palu, Heri susanto menyatakan vaksinasi covid-19 memang sangat dibutuhkan oleh wartawan. Mobilitas yang tinggi menyebabkan para wartawan lebih rentan terpapar Covid-19.

“Sejak seminggu lalu kita mencoba mendata teman-teman untuk masuk menerima vaksin Covid-19,” katanya.

Menurutnya, vaksinasi untuk teman-teman wartawan dari berbagai media di Palu menjadi suatu bentuk kesadaran agar bisa bersama-sama mencegah penularan Covid-19.

Ia berterima kasih kepada Dinas kesehatan kota Palu yang telah memfasilitasi puluhan wartawan khususnya yang tergabung dalam organisasi IJTI, Aliansi Jurnalis Independent (AJI) dan Pewarta Foto Indonesia (PFI) sehingga bisa menerima vaksin Covid-19.

Sumber : KabarSelebes.id

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open Donasi