Dua Desa di Parigi Moutong Diterjang Banjir, 104 KK Terisolir

Tampak jembatan yang menghubungkan Dusun 3 dan 4 di Desa Sibalago, Kecamatan Toribulu, terputus akibat diterjang banjir pada Ahad, 11 Juli 2021. (Foto: Istimewa)

JURNAL LENTERA – Desa Sienjo dan Sibalagu di Kecamatan Toribulu, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, pada Ahad 11 Juli 2021, diterjang banjir akibat intensitas curah hujan yang terjadi sejak dua hari terakhir.

Berdasarkan laporan Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Parigi Moutong, bencana tersebut menyebabkan jembatan yang menghubungkan Dusun 3 dan 4 di Desa Sibalago Kecamatan Toribulu, terputus hingga mengakibatkan 104 Kepala Keluarga atau KK terisolir.

“Khusus Desa Sienjo, sekitar 30 hektar sawah yang baru ditanami terendam dan 12 KK yang rumahnya terendam banjir,” ujar salah satu anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Parigi Moutong, Rahman, dilokasi kejadian.

Dia mengatakan, saat ini masyarakat yang sempat mengungsi sudah mulai kembali ke rumahnya masing-masing.

“Kami sudah melaporkan kejadian ini kepada pimpinan, untuk segera ditindaklanjuti,” akunya.

Akibat kejadian itu, masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan, membangun upaya mitigasi bencana, dan selalu memperbarui perkembangan informasi prakiraan cuaca melalui BMKG, InaRisk BNPB.
Selain itu, masyarakat juga dapat mengakses aplikasi SIBIMO bagi yang ingin mengetahui data bencana di Parigi Moutong.

Hasil pendataan di lapangan, selain jembatan yang harus diperbaiki pasca bencana, normalisasi sungai sangat dibutuhkan oleh masyarakat di dua desa tersebut.

Laporan : Roy Lasakka

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open Donasi