BNPT dan LPSK Berikan Bantuan Kepada Keluarga Korban MIT

Foto : KabarBuol.com

JURNAL LENTERA – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bergerak cepat dalam membantu korban tindak pidana terorisme yang terjadi baru-baru ini di Desa Kalimago, Kecamatan Lore Timur, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Gerak cepat tersebut dilakukan lewat pelaksanaan Identifikasi dan Assesmen Pelayanan Pemulihan dan Perlindungan terhadap korban tindak pidana Terorisme yang berlangsung di Palu pada Senin, 17 Mei 2021.

Dilansir dari KabarBuol.com, setiap keluarga korban mendapatkan santunan kematian sebesar 15 juta rupiah dan dana kerahiman.

Pelaksana Tugas (Plt), Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT, Brigjen Pol Herwan Chaidir mengatakan, kegiatan ini adalah bentuk nyata ketika negara bertanggung jawab dan hadir di tengah-tengah masyarakat saat memerlukan bantuan dan pertolongan, terutama ketika masyarakat tersebut menjadi korban kebiadaban aksi terorisme.

“Masyarakat yang menjadi korban terorisme ini wajib diberikan bantuan oleh negara. Untuk itu BNPT dan tentunya dari LPSK sebagai representasi pemerintah hadir dalam memberikan dukungan dan bantuan,” katanya.

Tidak hanya soal perkara cepat, Herwan Chaidir menambahkan bantuan yang diberikan kepada keluarga korban terutama dalam kasus di Desa Kalimago, harus tepat, tuntas dan berkualitas.

“Cepat memberikan bantuan dan perlindungan, dan tentunya harus tepat juga. Jangan sampai kita salah sasaran dalam memberikan bantuan. Kemudian bantuan kompensasi juga harus diberikan secara tuntas dan berkualitas,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua LPSK, Edwin Partogi Pasaribu menyebutkan bahwa hak-hak korban aksi terorisme di antaranya adalah mendapatkan rehabilitasi medis, psikologis, psikososial termasuk santunan korban meninggal dan kompensasi.

“Negara peduli dan negara hadir serta bersungguh memberikan bantuan dan dukungan kepada korban maupun keluarga korban aksi terorisme,” ujarnya.

Sementara itu Harun, salah satu keluarga korban aksi terorisme yang bertemu dengan BNPT dan Pihak LPSK dalam kegiatan identifikasi dan assesmen tersebut, mengucapkan terima kasih atas kepedulian yang diberikan.

“Saya mewakili keluarga, dalam suasana duka ini, mengucapkan terima kasih atas kepedulian BNPT yang membantu kami. Dengan adanya bantuan dan dukungan, kami berharap agar bisa beraktifitas kembali dengan rasa aman dan tenang,” katanya.

Sumber : KabarBuol.com

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open Donasi