Besok, Bupati Samsurizal Resmikan Tiga Gedung Puskesmas Baru

Salah satu gedung Puskesmas baru yang akan diresmikan Bupati Samsurizal Tombolotutu, besok, Sabtu 26 Maret 2021. (Foto : doc Diskominfo Parigi Moutong)

JURNAL LENTERA – Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu, dijadwalkan akan meresmikan tiga gedung Puskesmas baru yang dibangun sesuai petunjuk teknis Kementerian Kesehatan (Kemenkes), yang terletak di Kecamatan Bolano Lambunu, Tomini, dan Tinombo, Sulawesi Tengah, pada Sabtu 26 Maret 2021.

“Peresmian tiga gedung Puskesmas baru ini akan dipusatkan di gedung baru Puskesmas Tinombo,” ujar Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Parigi Moutong, Fauzia Alhadad, SKM., M.Kes, Jum’at 25 Maret.

Dia mengatakan, tiga gedung Puskesmas baru ini dibangun di atas lahan yang sebelumnya telah berdiri gedung lama.

“Gedung Puskesmas yang lama kemudian dibongkar karena sudah tidak layak dan dibangun kembali gedung baru,” katanya.

Pembangunan ketiga gedung Puskesmas ini, kata dia, menggunakan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020, sesuai protap tipe Kemenkes, yang dituangkan dalam petunjuk teknis atau Juknis.

Sedangkan fasilitas yang tersedia di tiga gedung Puskesmas ini, memiliki rumah dinas dokter, kendaraan operasional Puskesmas Keliling atau Pusling, baik roda empat khusus Medan berat maupun roda dua.

“Selain itu, tersedia juga alat kesehatan atau Alkes,” jelas Fauzia.

Laporan : Roy Lasakka

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open Donasi