Bawaslu RI Akan Kawal Pemilu 2024 Sesuai Tugas dan Fungsinya

Abhan - Ketua Bawaslu RI (Foto : Novita Ramadhan)

JURNAL LENTERA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI memastikan akan melaksanakan tugas dan fungsinya, untuk mengawal pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.


“Tugas dan fungsi Bawaslu berdasarkan undang-undang, yakni melakukan pencegahan pelanggaran, pegawasan, penindakan, dan penyelesaian sengketa proses,” ungkap Ketua Bawslu RI, Abhan ditemui saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, baru-baru ini.


Dia mengatakan, tugas dan fungsi berkaitan dengan pencegahan dan pengawasan pihaknya menyadari banyak keterbatasan dihadapi pihaknya dalam pengawal pesta demokrasi. Sehingga pihaknya meminta dukungan masyarakat untuk ikut mengawal berbagai tahapan Pemilu di daerahnya masing-masing.
Salah satu langkah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, melalui Sekolah Kader Pengawas Partisipasif (SKPP) tahun 2021.


Dengan harapan masyarakat dapat mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menggunakan hak suaranya pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu), mengawasi seluruh tahapan Pemilu.
“Sehingga berjalan sesuai aturan tanpa pelanggaran baik dari pihak penyelenggara Pemilu, hingga saat pelaksanaan pemilihan,” kata dia.


Kemudian kata dia, berkaitan penindakan pihaknya akan menindaklanjuti pelanggaran baik adminstrasi maupun pidana bersama Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu). Sama halnya dengan sengketa proses, menjadi kewajiban pihaknya untuk menyelesaikan.


“Inilah yang menjadi kewajiban dan kewenangan Bawaslu,” ucapnya.
Selain itu, ketika tahapan berjalan pihaknya juga akan melakukan launching indek kerawanan Pemilu atau Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dimasing-masing daerah.

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open Donasi