Anwar Hafid Dipastikan Calon Tunggal Ketua Pada Musda ke IV Demokrat Sulteng

Anwar Hafid menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon ke Ketua SC, Karto Dg Nappa, yang selanjutnya diserahkan ke Sekertaris BPOKK DPP Demokrat, Roky Amu, di Kalora Caffe, pada Selasa, 22 Juni 2021. (Foto: Mohammad Arief/KabarSelebes.id)

JURNAL LENTERA – Anwar Hafid dipastikan jadi calon tunggal ketua pada Musyawarah ke IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Demokrat Sulawesi Tengah (Sulteng).

Hal ini diketahui sebab hingga akhir masa pendaftaran pada Selasa, 22 Juni 2021, sekira pukul 00.00 WITA, tak ada nama lain yang menyerahkan langsung berkas kelengkapan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat.

Dilansir dari KabarSelebes.id pada Rabu, 23 Juni, penyerahan berkas dilakukan Anwar Hafid pada Selasa malam sekitar pukul 21.30 WITA. Berkas diterima langsung oleh Sekertaris Badan Pembinaan Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) DPP partai Demokrat Roky Amu.

Menurut Anwar Hafid, dirinya sengaja menyerahkan berkas itu di menit terakhir berharap ada kader Demokrat Sulteng lainnya yang mendaftarkan diri dan bertarung untuk Musda kali ini.

“Karena tidak ada yang mendaftar hingga terakhir, terpaksa hanya saya sendiri. Ini merupakan signal, dari seluruh anggota Demokrat Sulteng yang berkehendak saya memimpin partai Demokrat beberapa tahun ke depan,” ujar Anggota Komisi II DPR RI ini.

Ia menuturkan, disebabkan tidak ada calon lainnya yang mendaftarkan diri, tentunya Musda ke lV ini tetap akan berlangsung. Kewajiban untuk mendaftarkan diri dilakukan berdasarkan mekanisme yang ada di DPD dan DPP.

“Alhamdulillah sampai dengan saat ini, dukungan dari 13 DPC itu masih ke saya, dengan harapan mudah-mudahan bisa menjadikan lebih baik lagi bagi Demokrat,” pungkasnya.

Sementara itu, Roky Amu mengemukakan surat keputusan itu diterbitkan satu bulan hingga 14 hari sebelum pelaksanaan Musda. Pada jangka waktu tersebut, kata dia, ada penyerapan aspirasi ke DPP pernyataan dukungan oleh DPC.

Sesuai dengan peraturan organisasi, tujuh hari sebelum pelaksanaan Musda, DPP melalui BPOKK itu menerbitkan surat keputusan penetapan bakal calon ketua DPD Partai Demokrat Sulteng.

“Karena hanya ada satu dukungan dari 13 DPC yang ada yang akan dibawa langsung ke DPP, maka calon tersebut yang sudah diterbitkan keputusannya. Tetapi nanti akan ditetapkan pada pelaksanaan Musda dalam pleno nanti, ” tandasnya.

Ia pun menyebut Anwar Hafid terlalu baik, karena telah memberikan kesempatan bagi kader Demokrat lainnya untuk maju pada Musda kali ini, namun hingga detik terakhir tidak ada yang mau maju.

Diketahui penetapan bakal calon ketua nanti akan tetap ditentukan pada saat pelaksanaan Musda. Musda tersebut akan melahirkan calon ketua DPD yang akan diserahkan ke DPP, selanjutnya tetap akan dilakukan uji kelayakan atau kepatutan (fit and proper test) oleh Ketua Umum, Sekjen dan Kepala BPOKK di DPP.

Sebelumnya, ada dua nama yang mencuat akan bertarung pada Musda kali ini yakni
Ketua DPC Partai Demokrat Donggala, Abdurrahman M Kasim serta Ketua DPD Partai Demokrat Sulteng Anwar Hafid. Pelaksanaan Musda ke lV Demokrat Sulteng sendiri direncanakan akan berlangsung di Kalora Caffe & Villa pada Kamis 24 Juni 2021 nanti.

Sumber : KabarSelebes.id

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open Donasi