106 Koperasi di Parigi Moutong Akan Dievaluasi

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Parigi Moutong, Sofiana. (Foto: Istimewa)

JURNAL LENTERA – Sebanyak 106 koperasi yang tersebar dibeberapa kecamatan di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, akan dievaluasi dinas terkait.

“106 koperasi ini yang telah mendapatkan pelatihan. Makanya dalam waktu tiga bulan kedepan, kami akan mengevaluasi sejauh mana penerapan yang telah didapatkan dari pelatihan,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Parigi Moutong, Sofiana, kepada sejumlah wartawan, Senin, 11 Oktober 2021.

Dia menyebutkan, berdasarkan data Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipimpinnya, jumlah koperasi di Parigi Moutong tercatat sebanyak 225.

Awalnya, jumlah koperasi di Parigi Moutong sebanyak 223.
Namun, mengalami ketambahan dua koperasi hingga mencapai 225.

Dari total 225 koperasi tersebut, kata dia, tercatat sebanyak 106 tidak aktif dengan kategori tidak sehat.
Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan 106 koperasi tidak sehat, diantaranya faktor bencana dan terdapat koperasi yang pengurusnya lengkap, namun tidak memiliki ketua.

Sedangkan koperasi dengan kategori sehat, tercatat sebanyak 106.
Hanya saja, dari 106 koperasi tersebut, sebanyak 83 yang sudah melaksanakan rapat anggota.
Namun, 23 diantaranya belum melaksanakan rapat anggota diakibatkan pandemi COVID-19.

Dia menjelaskan, khusus modal awal koperasi harus berasal dari dana milik seluruh anggota koperasi yang disepakati melalui rapat.

Dia mengaku sejak menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi dan UMKM selama enam bulan, pihaknya terus berusaha untuk mengaktifkan koperasi dengan kategori tidak sehat.
Terbukti, ada dua koperasi yang sudah mulai aktif kembali dan melakukan rapat anggota.
Salah satunya, KUD Lompe Singgani Pelawa.

“Makanya penting untuk melakukan evaluasi. Tidak hanya yang aktif dan telah mendapatkan pelatihan, koperasi yang tidak sehat juga akan kami evaluasi,” ucap Sofiana.

Lebih jauh dia menjelaskan, saat ini pihaknya telah menyediakan format yang sudah diedarkan kepada seluruh koperasi terkait daftar jumlah anggota setiap koperasi.

“Insyaallah, diakhir bulan November atau awal Desember, kami sudah memiliki data terkait berapa banyak jumlah anggota setiap koperasi,” pungkasnya.

Laporan : Roy Lasakka

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open Donasi